Senin, 24 Februari 2020

INTERNET SEBAGAI PELACAK SITUS YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAJARAN DISEKOLAH


Pengertian Internet dan Komputer

      Internet adalah salah satu kemajuan dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sekarang sudah wajib dimiliki setiap orang untuk mengakses sesuatu atau melakukan sesuatu. Internet sekarang ini pun sudah menjadi bagian dari hidup seseorang, seperti dunia ini tanpa internet adalah hampa. Namun, perlu diketahui bahwa akhir-akhir ini banyak sekali pihak yang kurang bertanggung jawab yang mempergunakan internet sebagai media untuk menyebarkan berita hoax. Jadi, kita sebagai masyarakat harus bijak dalam mempergunakan internet dan jika ada berita kita tidak boleh langsung percaya tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.
          Oleh karena itu, kita harus lebih tahu dulu apa sih yang dimaksud dengan internet. Ya, internet adalah sistem yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat diseluruh dunia. Itu berarti internet dapat digunakan dimanapun dan kapanpun kita berada. Seperti halnya yang lain, intenet juga memiliki fungsi yang sangat banyak. Salah satunya adalah sebagai pelacak situs yabg berhububgan dengan pelajaran disekolah. Zaman sekarang memang internet digunakan dan dimanfaatkan oleh kalangan siapa saja, salah satunya adalah kalangan pelajar. Mereka memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mencari informasi dan sebagai sarana pembelajaran. Dalam blog saya kalu ini kita akan menggunakan salah satu fasilitas google yakni search engine.




15 Contoh Search Engine Dunia

fasilitas search engine sendiri adalah portal (pintu masuk) untuk mencari berbagai macam informasi yang ada di internet yang menyajikannya dengan cara mengkategorikan situs-situs atau informasi yang ada. Contohnya yang bisa digunakan para pelajar adalah:

1. Dapat dengan mudah mencari informasi pendidikan
Saat ini sangat mudah sekali kita mendapatkan atau memperoleh informasi maupun pendidikan. Salah satunya adalah dengan media google search engine. Ini adalah fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari informasi pendidikan, saya akan berikan contoh seperti pertama kita harus buka google dan jalankan browser internet explore dan ketikkan alamat www.google.com dan tekan enter. Lalu setelah itu kita ketikkan kata kuncinya seperti contoh linbah ayam, maka disitu akan diperlihatkan banyak sekali blog yang berisi mengenai limbah ayam ataupun sesuatu yang berhubungan dengan kata kunci tersebut,seperti contoh dibawah ini.





Jika sudah berada dihalaman seperti gambar diatas maka berarti google telah menemukan 57.600 informasi dari banyak blog yang ada di internet. Jadi kalian bisa memilih salah satu dan klik lalu baca saja sesuai yang kita inginkan atau sesuai yang kita butuhkan.
menyesuaikan bahasa kata kunci sesuai sumber informasimenyesuaikan bahasa kata kunci sesuai sumber informasi

2. Mencari file gambar (image) di Internet
     Kita sebagai seorang pelajar sudah sepatutnya mengerjakan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru. Kalian pun pasti pernah di beri tugas mencari gambar atau image yang sesuai atau berhubungan dengan tema pelajaran kalian. Nah, search Engine google juga menyediakan fasilitas untuk digunakan mencari file gambar (image) yang ada di internet.              Langkah pertama adalah kita buka search Engine google,lalu ketik kata kuncinya seperti saya beri contoh adalah pemandangan,lalu setelah itu jika kalian ingin mencari gambarnya kalian tinggal klik tulisan gambar diantara semua,berita,video dan lain-lain. Sepeti gambar dibawah ini.

menyesuaikan bahasa kata kunci sesuai sumber informasimenyesuaikan bahasa kata kunci sesuai sumber informasi

Nah,setelah itu kalian dapat memilih dari banyak foto yang ada sesuai dengan selera masing-masing. Jika kalian ingin gambar (image) tersebut menjadi besar maka kalian dapat mengklik sebanyak 2 kali pada gambar. Setelah itu, kalian dapar memilih mana gambar yang sesuai denfan selera kalian.

3. Mencari forum komunitas di internet
            Setiap manusia pastilah memiliki suatu bakat yang ingin sekali mereka kembangkan dan menjadikan mereka sukses. Dalam fasilitas search engine google terdapat banyak sekali forum-forum yang dibentuk oleh komunitas dengan berbagai minat. Kalian bisa mencarinya dengan mudah jika menggunakan kata kunci. Caranya adalah pertama kita buka search engine google lalu klik bagian grup diantara web,image dan tulis kata kuncinya dan akan muncul grup yang sesuai dengan kata kuncinya.  Lalu,kita akan bisa mengikuti grup tersebut dan dapat saling mengirim pesan atau berita seperti contoh dibawah ini. 


                


Maka dengan fasilitas tersebut kita dapat dengaj mudah mendapat informasi mengenai matenatika bagi yang mengikuti komunitas matematika dan komunitas lainnya. 

Sekian blog yang dapat saya tulis semoga bermanfaat dan berguna bagi kalangan siapa saja terutama bagi para pelajar. Pesan saya gunakan internet sebaik mungkin dan jadikan internet sebagai media untuk menyebarkan kebaikan bukan menyebar berita kebohongan. 




Sumber :BUKU TIK Kelas IX KTSP
Terima Kasih atas kunjungannya😁👐

7 komentar:

INTERNET SEBAGAI PELACAK SITUS YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAJARAN DISEKOLAH

http://komputerampil.blogspot.com/2014/10/pengertian-internet-dan-komputer.html?m=1       Internet adalah salah satu kemajuan dib...